IAINUonline – Pergeseran di struktural Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban kembali terjadi. Yang terbaru, perguruan tinggi di bawah naungan Nahladlatul Ulama (NU) ini punya dekan baru yakni Jamal Ghofir, S.Sos.I., MA sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Nurul Hakim, S,Th.I., M.Hum sebagai Dekan Fakultas Syariah.

Rektor IAINU Tuban, H. Akhmad Zaini, S.Ag., M.Si menjelaskan, dua nama tersebut sebenarnya bukan orang baru, sebab keduanya sebelumnya juga pernah memegang jabatan di kampus Bumi Manunggal tersebut.

‘’Karena Pak Jamal dan Pak Hakim menempuh pendidikan di jenjang S3, maka saat itu  dibebastugaskan sementara,’’ ujar Rektor.

Di IAINU Tuban, lanjutnya, memang ada aturan bahwa jika ada dosen yang memegang jabatan kemudian kuliah lagi maka dibebastugaskan untuk sementara . Sehingga, dosen tersebut tidak memegang jabatan struktural lagi.

‘’Aturannya memang seperti itu, kecuali yang darurat,’’ tambahnya.

Alasan pembebastugasan bagi dosen pemegang jabatan yang kuliah lagi, di antaranya adalah untuk memberikan kesempatan agar dosen yang bersangkutan konsentrasi penuh pada studinya. Sebab, di awal-awal kuliah, menurut Zaini, butuh konsentrasi yang tinggi, terlebih untuk jenjang S3.

‘’Agar konsentrasi penuh dengan studi sehingga hasilnya bisa maksimal,’’ katanya.

Aturan tersebut sudah berlaku lama dan sudah banyak dosen pemegang jabatan yang terkena aturan itu, termasuk Jamal dan Hakim.

‘’Dulu Pak Jamal sudah pernah menjadi Dekan Fakultas Dakwah, karena melanjutkan S3, maka untuk sementara dibebastugaskan dari jabatan dekan. Sekarang setelah S3 sudah hampir selesai dan tinggal mengerjakan desertasi, maka kita kembalikan ke posisi semula,’’ ungkap mantan wartawan Jawa Pos ini.

‘’Selama Pak Jamal dibebastugaskan, dekan Fakultas Dakwah dirangkap Pak Aufi yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah. Fakultas Syariah dan Dakwah sempat digabung jadi satu fakultas dengan Dekan Pak Aufi,’’ imbuh Zaini.

Hal yang sama juga terjadi pada Hurul  Hakim, sempat dibebastugaskan karena S3. Sebelumnya Hakim menjabat Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M).

‘’Pembebastugasan itu diatur dalam SK Rektor. Bu Sholihah yang saat ini jadi Ketua LP2M juga sempat dibebastugaskan beberapa tahun ketika mengambil S3,’’ tandasnya.

Sementara untuk fakultas lainnya tidak ada perubahan. Fakultas Tarbiyah  Dekan Agus Fathoni Prasetyo, M.Pd, dengan Kaprodi PAI  Muslimin, S.Pd.I., M.Pd., Kaprodi PGMI Nurhaningtyas Agustin, M.Pd. dan Kaprodi PIAUD Umu Da’watul Choiro, M.Pd.

Sedang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  Dekan Dian Rustyawati, S.T.,M.Mpd, dengan Kaprodi Ekonomi Syariah (ES) masih  PJS,  sedang Kaprodi Perbankan Syariah (PS)   Supriyanto, M.Pd.

Di Fakultas Syariah,  Kaprodi Ahwal Syakhshiyah (AS)  Yudi Arianto, S.Sy., M.H.I, sementara di Fakultas Dakwah Kaprodi Manajemen Dakwah (MD) Ela Rosyida, M.Pd.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.