TOLAK BALAK : Mahasiswa KKN IAINU bersama Warga Menggelar Doa Bersama untuk Tolak Balak


IAINUonline – Berbagai kegiatan dilakukan oleh mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban yang sedang menjalani kuliah kerja nyata (KKN). Dengan KKN Tematik  mhasiswa memang dikembalikan ke tempat tinggalnya masing-masing dalam KKN kali ini.

Di Desa Cendoro Kecamatan Palang, mahasiswa IAINu ikut terlibat dalam acara tumpengan tolak balak di RT.01 RW.01 musala Nurul Anwar. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar terhindar dari wabah dan marabahaya. Khususnya wabah virus covid-19 yang saat ini tengah meningkat dengan signifikan.

Tolak balak dimulai dan diawali dengan pembacaan istighosah do’a bersama  yang dipimpin langsung oleh ta’mir musala K.H. Muhammad Anwar. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan do’a dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng sekaligus makan bersama.

Kegitan ini juga menggandeng seluruh pemuda pemudi serta remaja musala yang berada di RT.01 RW.01. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan kerukunan  dan mempererat tali silturahmi antar warga setempat.

Di lokasi, mahasiswa melakukan aksi bagi masker untuk warga setempat. Sehingga, tradisi terus jalan namun tanpa meninggalkan protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah. Oleh karena itu acara ini dilakukan dalam lingkup kecil.

Para mahasiswa yang terdiri dari Siti Nurjanah, Muhammad Muhyiddin Ma’ruf, Faidah Naely Sukmawati, Sindi Safitriani dan Riya ainur Riza juga memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dan terus menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari virus corona.

Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan warga tersebut mengajarkan mereka tentang kebersamaan. Sebab, mereka ikut berkegiatan mulai dari masak dan kerja bakti dari pagi hingga menjelang acara dimulai.

‘’Dari sini kami belajar akan arti dari kebersamaan, gotong-royong itu perlu dalam segala hal, dalam hidup bermasyarakat,’’ ujar mereka.(*)

 

Penulis : Tim KKN Desa Cendoro

Editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.