IAINUonline – Mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban yang menjalani kuliah kerja nyata (KKN) sudah mulai turun ke lapangan. Dengan KKN tematik, para mahasiswa memang dikembalikan ke daerah asalnya masing-masing untuk menjalankan kegiatan – kegiatan KKN sesuai dengan tema.

Seperti yang dilakukan mahasiswa KKN di Kelompok 14 ini. Mereka turun ke Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban. Sebanyak 9 mahasiswa turun ke lapangan dan koordinasi dengan pemerintahan desa setempat.

Saat di kantor desa kebetulan sedang ada kegiatan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah untuk keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak Covid-19.

Para mahasiswa langsung sigap dengan membantu pemerintah desa dalam kegiatan tersebut. Ada yang bertindak menjadi penerima tamu dan membantu KPM serta mengarahkan ke tempat duduk yang sudah ditata berdasarkan protokol kesehatan (prokes). Karena penyerahan BLT untuk masing-masing KPM butuh waktu.

Ada juga yang membantu petugas menyerahkan BLT tersebut kepada para KPM. Kehadiran para mahasiswa ini sangat membantu. Sebab, bukan hanya membentu proses penyaluran BLT, namun juga ikut memberikan edukasi terkait dengan prokes dan hal-hal yang harus dilakukan selama pandemi Covid-19.

Dina Hafni Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kelompok 14 ini mengatakan, mahasiswa KKN di bawah binaannya sudah mulai akfif bergerak di lapangan.

‘’Memang sudah mulai bergerak. Mahasiswa selalu koordinasi dan konsultasi pada kami,’’ katanya.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.