LATIHAN : Anggota El Hera saat Latihan


IAINUonline – Mahasiswa pecinta alam (mapala) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban El Hera bakal melaksanakan susur gua pada Juli mendatang. Kegiatan selama sekitar tiga hari itu akan menyusuri Gua Cumpleng di Kecamatan Grabagan.

Butuh persiapan matang sebelum turun di lokasi. Sebab, yang akan melaksanakan susur gua sebagian besar adalah anggota muda El Hera. Sehingga kesiapan fisik dan mental serta ketrampilan atau skill peserta susur gua harus dipersiapkan benar.

‘’dijadwalkan Juli nanti, ada empat anggota muda El Hera yang akan menjalani susur gua ini,’’ ujar Sholikin, salah satu anggota El Hera, Jumat (28/5/2021).

Mahasiswa semester 2 jurusan perbankan syariah IAINU Tuban ini menjelaskan, yang bakal menjadi peserta utama susu gua itu, selain dia sendiri, tiga mahasiswa lainnya adalah Khofifah Sinta Nuriyah, Rofiul dan Ninik Nuraini.

‘’Tentu kami akan didampingi anggota senior dari El Hera,’’ ujar mahasiswa yang juga atlet olahraga panjat tebing Tuban ini.

Sholikin mengatakan, tujuan susur gua adalah untuk pemetaan atau mitigasi gua. Juga mengukur kedalman dan panjang lorong-lorong di dalam gua.

‘’Selain itu, juga melihat ada saja di dalam gua. Ada fauna apa saja, atau tanaman apa saja di sana,’’ katanya.

Sementara Siti Muhibah anggota luar biasa El Hera sekaligus senior di mapala ini mengatakan, kegiatan susur gua sudah biasa dilakukan El Hera.

Hal itu menjadi pengalaman untuk anggota-anggota muda. Dengan turun langsung ke alam, anggota bisa memahami dan lebih mencintai alam.

‘’Saya dan para senior akan mendampingi mereka. Termasuk mendampingi saat latihan seperti ini,’’ ujar Bibah, sapaan akrab perempuan yang pernah menjabat Divisi Konservasi di El Hera tersebut.

Para anggota muda ini terlihat latihan rapling atau naik dan turun dari ketinggian dengan menggunakan tali. Ujung tali diikat di dahan sebuah pohon di lingkungan kampus.

Kemudian secara bergantian, anggota El Hera naik turun melalui tali tersebut dengan teknik dan peralatan khusus.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.