SALURKAN ZAKAT : Salah Satu Mustahik menerima Zakat dari Lazis NU


IAINUonline – Unit pengumpul zakat, infak dan sedekah (Upzis) NU dan NU-care Lazis NU Desa Minohorejo Kecamatan Widang Kabupaten Tuban juga menyalurkan zakat fitrah.

Hal itu untuk menindak lanjuti instruksi PWNU Jawa Timur Nomor 188/PW/A-II/L/IV/2019 tentang optimalisasi zakat, infaq, dan sedekah.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh masyarakat desa. Warga bersemangat untuk penyaluran zakat fitrah maupun zakat mal di upzis NU desa setempat. Selain itu pendidikan formal yang ada di Desa Minohorejo juga mengumpulkan zakat fitrah dari siswa-siswinya juga di upzis NU Penyaluran ini dilakukan pada Selasa (11/05/2021).

Penyaluran zakat fitrah dan zakat mal di desa ini merupakan buah sosialisasi upzis NU care dan LAZISNU  yang intens melalui berbagai majelis. Seperti yasinan, barjanji, manaqib, jamaah Fatayat, Muslimat, media sosial dan silaturrahim pengurus UPZIS NU ke lembaga-lembaga pendidikan formal yang ada di Desa Minohorejo.

Sosialisasi di berbagai majlis zikir ini dilakukan pengurus NU setempat dibantu semua banom NU. Dan di zaman yang serba teknologi ini pengurus juga memanfaatkan untuk sebagai media berdakwah. Baik itu FB, IG, Twitter maupun Whatsap Grup.

Ketua UPZIS NU, Suyitno mengatakan zakat mal dan zakat fitrah menunjukkan kesadaran warga NU Desa Minohorejo dalam pengamalan rukun Islam yang ketiga. Yaitu menunaikan ibadah zakat. Zakat mal untuk mensucikan harta dan zakat fitrah untuk mensucikan jiwa dan menyempurnakan puasa.

Suyitno juga menyebutkan hasil pengumpulan zakat mal dan zakat fitrah tahun ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

‘’Mungkin  dengan gemar sosialisasi di majelis dan transparansi di media sosial kepercayaan masyarakat meningkat,’’ ujarnya.

Masrur Ketua PR NU Desa Minohorejo mengapresiasi kegiatan penyadaran atas kewajiban menunaikan zakat mal maupun zakat fitrah sebagai kewajiban umat muslim yang dilakukan. “Alhamdulillah dengan adanya kegiatan seperti ini kehadiran NU dapat dirasakan oleh warga yang merupakan mustahik sehingga bermanfaat membentengi faham yang tidak sejalan dengan NU,” kata M. Masrur.

Manfaat zakat diakui Darminah salah satu mustahik.  Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada pengurus UPZIS semoga kegiatan ini selalu bisa berjalan dengan baik.

“Semoga selalu diberi kesehatan dan diberi kelancaran serta diberkahi oleh Allah SWT,” harapnya.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.