IAINUonline – Mahasiswa KKN IAINU Tuban yang mendapat tugas di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek menyelenggarakan pelatihan digital marketing dan mensertifikasi halal untuk meningkatkan pemasaran pelaku bisnis.

Mahasiswa  mendatangkan 2 pemateri yakni Ihda shofiyatun Nisa S. H. dan Suprianto ,M.Pd, dosen dan Wakil Rektor IAINU Tuban. Keduanya memberikan materi “Strategi Peningkatan Pemasaran Bagi Pelaku Bisnis di Era Digital.” Pelatihan ini digelar di Balai Desa Margorejo dengan dihadiri 15 pelaku UMKM dari berbagai sektor usaha.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku bisnis mengenai pentingnya digital marketing dan sertifikasi halal dalam meningkatkan daya saing produk mereka di pasar yang semakin kompetitif.

Pemateri Ihda Shofiyatun Nisa S.H. menekankan bahwa transformasi digital dan kepercayaan konsumen terhadap produk halal merupakan kunci utama untuk mengembangkan usaha. Terutama bagi UMKM yang ingin memperluas pasar mereka baik di dalam maupun luar negeri.

“Sertifikasi halal tidak hanya penting untuk memenuhi syarat keagamaan, tetapi juga memberikan nilai tambah dan kepercayaan bagi konsumen, khususnya di pasar internasional yang semakin peduli terhadap produk halal,” ujarnya.

Sedang Suprianto M.Pd menyampaikan bahwa memahami digital marketing sangat penting dalam konteks bisnis.  Di antaranya adalah jangkauan luas, digital marketing memungkinkan perusahaan untuk mencapai audiens global melalui internet, meningkatkan visibilitas dan potensi pasar.

‘’Interaksi dan keterlibatan media sosial dan platform digital lainnya memungkinkan interaksi langsung dengan pelanggan, meningkatkan keterlibatan dan membangun hubungan yang lebih kuat,’’ jelasnya.

Fleksibilitas dan adaptasi, digital dapat dengan mudah disesuaikan dan diubah sesuai dengan kebutuhan pasar atau hasil analisis, menjadikannya lebih fleksibel dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional.

Jadi manfaat sertifikasi halal ini adalah agar para pembeli merasa aman ketika melihat label halal pada suatu produk, ini juga dapat meningkatkan harga jual di pasaran.

Sedangkan manfaat dari digital marketing adalah agar pengusaha dapat meningkatkan efisiensi pemasaran mereka, memperluas jangkauan audiens, dan pada akhirnya, meningkatkan pertumbuhan dan keberhasilan bisnis.(*)

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *