IAINUonline – Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban menggemar kegiatan pengembangan kreativitas mahasiswa/mahasiswi, melalui pembinaan kewirausahaan berbasis pemanfaatan dunia digitalisasi. Kegiatan ini untuk memunculkan serta mengembangkan daya cipta dan wawasan siswa.

Materi yang diberikan terkait dengan pemberian pemahaman akan pentingnya bepikir kritis, dan bertindak di luar kebiasaan umum. Selain itu, siswa dilatih untuk mengembangkan skill kepemimpinan, motivasi dan manajemen pengambilan resiko.

Penyampaian materi dilakukan dengan metode experimental learning and role play. Adapun media yang digunakan adalah power point, video, modul dan games. Experimental learning and role playing bertujuan untuk mempelajari prinsip berwirausaha, dengan memberikan pengalaman belajar, secara langsung kepada mahasiswa ataupun mahasiswi.

Dengan adanya itu maka kolaborasi antara dosen dan alumni IAINU Tuban pada mata kuliah kewirausahaan sosial.

‘’Harapan saya dapatnya berbagi ilmu dan sharing pada hakikat kewirausahaan sosial itu sendiri,’’ ujar Rr. Kusuma Dwi Nur Ma’rifati, M.Pd.I dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan sosial IAINU Tuban.

Salah satu alumni IAINU Tuban Qomarudin, S.Pd. dihadirkan sebagai pemateri dalam kegiatan ini. Dia menjelaskan secara singkat bagaimana kewirausahaan tersebut.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada pertemuan minggu kelima pada hari senin 29 April 2024 dan berkolaborasi pembelajaran di dalam kelas A dan B jam pertama dan kedua dalam pengabdian masyarakat dengan alumni yang mempunyai kerirausahaan sosial di bidang jasa.

Tujuannya supaya mahasiswa dan mahasiswi, mempunyai gagasan, gambaran dalam kewirausahaan sosial dan sebagai wadah untuk saling kolaborasi, sharing, kerjasama pada keilmuan di bidang wirausaha tersebut.

Dalam bidang jasa ini pemateri membidangi 3 usaha yaitu yang pertama pada fotografi @alladin_photo, yang kedua desain grafik @alladin_design, yang ketiga dekorasi @alladin_decor yang semuannya dipegang atau dihandel secara langsung oleh ownernya, untuk branding dan promosinya ada pada laman Instagram. (*)

 

Penulis : Roro Kusuma

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *