IAINUonline – Perkembangan film di Indonesia saat ini semakin maju. Bahkan film-film yang bertema pendidikan juga tak kurang. Oleh karena itu, para mahasiswa KKN IAINU Tuban kelompok 10 mengadakan pemutaran film edukasi tentang pendidikan.

Pemutaran film dilatar belakangi dengan anak-anak yang gemar menonton film. Maka, diadakanya pemutaran film edukasi di Desa Padasan Kecamatan Kerek pada tanggal 19 September 2022.

Lewat tema “pemutaran film Edukasi” ini. Para mahasiswa KKN IAINU di padasan memilih film yang berjudul “Jembatan Pensil”. Film ini dipilih untuk memotivasi para pelajar di daerah tersebut bahwa tidak ada penghalang bagi seorang siswa untuk belajar.

Film yang menceritakan tentang kisah seorang anak yang tetap bersemangat untuk menempuh pendidikan meski memiliki keterbatasan, Hal tersebut mirip dengan keadaan di Desa Padasan yang jauh dari lembaga pendidikan untuk jenjang sekolah menengah.

Program kerja ini  diadakan untuk memberi ilmu pengetahuan dan nilai moral lewat pemutaran film edukasi yang berjudul “Jembatan Pensil” karya Sutradara Hasto Broto. Film ini ditayangkan secara khusus di hadapan puluhan anak-anak yang ada di Desa Padasan Kecamatan Kerek.

Film berdurasi 90 menit yang mengambil latar belakang Kampung Muna, Sulawesi Tenggara ini memang mengangkat isu-isu sosial terutama mengenai pendidikan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus.

Bahkan film ini pun memiliki nilai tambah bahwa tidak ada penghalang bagi seorang siswa untuk belajar, meski memiliki kekurangan sekalipun. Film ini juga diperankan oleh Meriam Belina, Kevin Julio, Alisia Rininta, Andi Bersama, dan Agung Saga.

Di tengah banyaknya isu, banyak bully, mahasiswa ingin mengangkat bahwa anak-anak keterbelakangan juga punya kelebihan, di sekolah, mereka juga tetap belajar dan memiliki kemampuan. (*)

 

Penulis : Nuriana

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *