IAINUonline – Salah satu program kerja kelompok 15 KKN Tematik 2022 IAINU Tuban, yang bertempat di Desa Dahor adalah “Operasi Bersih Masjid” atau OPB.  Setiap seminggu sekali, operasi bersih masjid ini dilaksanakan pada hari Jumat.

Masjid Al-Falah yang terletak di Susun Sumberagung Desa Dahor, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban ini menjadi sasaran operasi. Operasi bersih masjid ini di lakukan oleh mahasiswa-mahasiswi KKN kelompok 15 bersama dengan pemuda Karang Taruna desa Dahor.

Operasi bersih masjid ini dimulai dengan membersihkan karpet-karpet di dalam masjid dan    membersihkan atap-atap masjid. Kemudian membersihkan cendela, menyapu, dan mengepel lantai masjid. Juga membersihkan tempat wudhu, dan membersihkan kamar mandi, serta menyapu halaman masjid.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan di dalam masjid, menumbuhkan sikap gotong royong dan saling membantu, serta bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar tetap memperhatikan kebersihan.

Dengan adanya kegiatan ini di harapkan dapat memotivasi warga masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan. Sebab kebersihan merupakan sebagian dari iman, sebagaimana hadis berikut, yang artinya:

“Bersuci (thaharah) itu sebagian dari pada iman.” (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi). Jadi kebersihan itu merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam hal ibadah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *