IAINUonline – Dalam rangka mendukung Desa Waleran menuju desa wisata, Kelompok 13 KKN Tematik IAINU mengadakan penghijauan di area calon wisata. Acara tersebut melibatkan pemuda, dewan guru serta siswa MINU 02 Al-Ikhlas Desa Waleran, Kecamatan Grabagan.

Dengan melibatkan siswa MI, diharapkan kegiatan tersebut dapat memupuk kecintaan terhadap lingkungan sejak dini. Sekitar 150 bibit bunga Tabebuya dan cemara ditanam pada lahan yang dipersiapkan sebagai tempat wisata.

Para siswa sangat bersemangat ketika menanam pohon. Selain itu, para guru juga terlibat aktif dalam kegiatan penghijauan ini.

Kepala Desa Waleran Ramidi menyambut baik usaha kelompok KKN IAINU. Ia menjelaskan untuk mewujudkan Waleran menuju desa wisata dibutuhkan kerjasama serta usaha dari semua unsur masyarakat.

“Desa wisata adalah proyek jangka panjang Desa Waleran, jalan masih sangat panjang sehingga dibutuhkan usaha dan semangat dari seluruh lapisan masyarakat. Dengan inisiatif kelompok KKN IAINU yang menanam pohon hias, kami berharap dapat menambah keindahan panorama alam yang ditawarkan Desa Waleran, ” ungkap Ramidi.

Sementara itu, Sukandar, S. Pd juga turut ambil bagian dalam kegiatan penghijauan tersebut. Kepala MINU 02 al-Ikhlas tersebut mengaku senang dengan kegiatan yang diinisiasi oleh kelompok 13.

“Kami berharap para siswa nanti bukan hanya menanam bersama rekan-rekan KKN, akan tetapi juga dapat merawat dan  menjaga bibit yang telah mereka tanam, “ujarnya.

Kegiatan penghijauan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk kerjasama Kelompok 13 KKN Tematik IAINU Tuban dengan Mangrove Center. Kegiatan tersebut merupakan langkah awal yang diharapkan akan berlanjut dengan berdirinya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Waleran.(*)

 

Penulis : Firman Septiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.