IAINUonline – Program studi (prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban melalui Himalaya Outbound hadir untuk mendampingi berkegiatan dan belajar di luar ruangan dengan outbond.

Sebanyak 114 peserta  outbound, yang terdiri dari siswa dari Kelompok Belajar ( KB) dan Raudlatul Atfal (RA) Hidayatul Ummah Desa Bringin, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Bukan hanya siswa, karena wali siswa juga ikut dalam kegiatan.

Kegiatan yang digelari di lokasi wisata Tanazawi, Montong itu menyuguhkan beberapa permainan. Selain untuk membuat semua peserta fun atau senang, permainan yang dimainkan juga bertujuan untuk pembelajaran.

Ada beragam permainan yang dimainkan yakni oposaid, peletus bola, dan merebut balon. Permainan oposaid melatih kekompakan antara kelompok satu  dengan klompok lainnya. Permainan ini juga melatih kosentrasi dengan apa intruksi dari pemandunya.

Permainan merebut bola melatih ketangkasan otot-otot tubuh dan menciptakan semangat anatara tim yang satu dengan tim yang lain. Sedang permainan meletuskan balon melatih keberanian seseorang dari permainan tersebut. Juga menjaga kekompakan dalam mengestafetkan bola pada masing-masing tim.

Ada permainan halang rintang, permainan tersebut mengajarkan anak dalam motorik kasarnya dan motorik halusnya dengan cara anak tiarap dan merangkak dalam halang rintang tersebut.

Selain itu juga mengajarkan anak untuk percaya diri, dan melatih anak untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dan tanggung jawabnya terjaga.

Kaprodi PIAUD IAINU Tuban Nurlaili Dina Hafni, M.Pd mengatakan, harapan dan tujuan mengajak wali murid untuk berkegiatan agar mengerti bahwa harus yang semangat saat mengajari anak.

‘’Semangatnya itu harus tertanam dengan bagus dan wali murid bisa belajar sambil bermain bersama anak-anaknya di rumah,’’ katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.