HAUL : Rombongan dari Kanwil Kemenag Jawa Timur saat Doa Bersama di Haul KH Cholil Bisri di Rembang


IAINUonline – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Husnul Maram didampingi Kabag TU, jajaran Kepala Bidang dan 30 Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Jawa menghadiri haul KH. M. Cholil Bisri di komplek pondok Raudlotut Tholibin Rembang, Jawa Tengah, Selasa (8/2/2022) malam.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram berharap kehadiran rombongan dari Kanwil Kemenag Jatim membawa berkah.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota  yang tadi malam sudah hadir ikut kirim doa acara haul KH. M. Cholil Bisri, kurang delapan lagi lengkap se-Jawa Timur, mari komitmen kebersamaan seperti ini kita pertahankan,” ujar Rabu, (09/02/2022).

Husnul Maram menjelaskan sedikit tentang kiprah KH. M. Cholil Bisri. Pria asal Gresik ini menuturkan, perjuangan KH. M. Cholil Bisri di bidang pendidikan agama dan keagamaan dimulai sejak masih muda dengan menempuh pendidikan di berbagai pesantren.

“Dalam organisasi, Kiai Cholil berkiprah di lingkungan NU,  dimulai ketika beliau aktif sebagai Ketua GP Ansor Rembang, hingga menjadi ketua Partai NU Rembang, karena ketika NU menjadi partai sendiri pada 1971,’’ ujarnya.

Ayahanda Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini juga menjadi menjadi Ketua DPC PPP karena saat itu ketika NU fusi dengan PPP. Juga pernah menjadi A’wan dan Mustasyar PWNU Jawa Tengah, dan Ketua MPW PPP Jawa Tengah.

‘’Rombongan tadi malam diterima oleh Stafsus Menteri Agama, Abdurrahman yang biasa dipanggil Gus Adung,’’ tambahnya.

Atas nama Gus Menteri, panggilan akrab Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gus Agung, lanjut Husnul Maram, mengucapkan terima kasih atas kekompakan rombongan Kanwil Kemenag Jatim untuk ikut mendoakan almaghfirullah KH. M. Cholil Bisri, dan telah melaksanakan tahlil bersama.

Ia menambahkan karena pandemi tamu dari Kanwil Kemenag Jatim ditempatkan di rumah Joglo. Usai tahlil bersama, rombongan bergeser ke rumah induk untuk silaturahmi dengan Gus Menteri dengan prokes ketat.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas merupakan putra keempat dari delapan  bersaudara putra Kiai Cholil Bisri. Yakni pertama Yahya  Cholil Tsaquf (lahir 1966) yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum PBNU dan kedua Ummi  Kultsum Cholil Zalith ( lahir 1968).

Kemudian ketiga Zainab Cholil Qutsumah  ( lahir 1970), keempat, Yaqut  Cholil  Qoumas ( lahir 1975), kelima, Faizah  Cholil Tsuqoibak ( lahir 1976), keenam Bisri Cholil Laquf ( lahir 1978), ketujuh Hanis Cholil Barro’ ( lahir 1982) dan terakhir M. Zaim Cholil Mumtaz yang pada 1991.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.