DIKUKUHKAN : Pengurus Dewan Pendidikan Periode 2021-2026 Dikukuhkan


IAINUonline – Masa khidmat pengurus Dewan Pendidikan periode 2016-2021 sudah habis. Pemkab melalui Tim Seleksi sudah melakukan rekrutmen anggota Dewan Pendidikan yang baru.

Sebanyak 11 orang anggota Dewan Pendidikan yang terpilih sudah dikukuhkan  Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE di Pendopo Krida Manunggal Tuban, Kamis, (16/12/2021) lalu.

Bupati Lindra menegaskan, jika dewan pendidikan memiliki peran vital dalam pembangunan pendidikan di Kabupaten Tuban. Bupati juga mengapresiasi, Meskipun usia sudah tidak lagi muda, anggota dewan pendidikan masih mau berkontribusi untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Tuban.

“Dewan pendidikan memiliki peranan penting dalam membantu mencerdaskan generasi penerus yang nantinya menjadi tonggak pembangunan di Kabupaten Tuban,” tutur Mas Lindra.

Mas Bupati juga mengungkapkan, saat ini IPM Tuban masih di angka yang tidak terlalu tinggi, dan pendidikan menjadi faktor yang paling berpengaruh. Atas hal tersebut, Mas Bupati mengajak dewan pendidikan bersama memperbaiki dan membangun pendidikan di Kabupaten Tuban melalui sinergitas yang harus terjalin dengan seluruh OPD.

Menurutnya, permasalahan pendidikan tidak bisa diselesaikan satu OPD saja, akan tetapi lintas sektor.

“Dewan Pendidikan jangan berfokus pada Dinas Pendidikan saja, harus masuk ke OPD lain karena masalah pendidikan masuk di semua sektor,” ungkapnya.

Selain itu, Mas Bupati meminta Dewan Pendidikan bisa memberikan kontribusi secara nyata terkait program yang dilakukan untuk kemajuan pendidikan. Ia meminta jangan lagi berbicara masalah kewenangan siapa, akan tetapi bagaimana bersinergi membangun pendidikan di Kabupaten Tuban.

Masih banyak masalah pendidikan yang harus di benahi, salah satunya penyebaran tenaga guru, hingga sarana dan prasarana. Untuk itu, Dewan Pendidikan harus mampu menganalisis masalah tersebut sehingga menjadi masukan untuk pemerintah dalam memperbaiki sektor pendidikan.

“Ini penting, karena sekolah adalah cikal bakal terbentuknya SDM unggul untuk membangun bangsa,” seru Mas Bupati.

Untuk optimalisasi program, Pemkab juga akan menambah anggaran untuk Dewan Pendidikan jika diperlukan.

“Dewan Pendidikan adalah harapan saya untuk memajukan pendidikan Tuban dan membangun IPM Tuban,” tutup Mas Lindra.

Susunan keanggotaan Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban periode 2021-2026 adalah : Ketua Drs. Imam Hambali, MM dari unsur Pakar Pendidikan, Wakil Ketua Satu Dra. Suprapti, M.Pd dari unsur Penyelenggara Pendidikan, Wakil Ketua Dua Dr. Totok Supianto, MM dari Pakar Pendidikan.

Lalu Sekretaris Dra. Endang Tri Meidya IN, M.Si dari unsur Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Wakil Sekretaris Welly Kurniawan SPd, M.Pd dari unsur Penyelenggara Pendidikan, dan Bendahara Mohammad Nurdin, SPd, M.Pd dari unsur Badan Usaha.

Sedangkan, anggotanya terdiri dari Warsito Spd, M.Hum dari unsur Pendidikan Berbasis Kekhasan Sosial Budaya, Dra. Rinda Tutik M.Pd dari unsur Organisasi Profesi, Dr. Mardi Widodo, M.Pd dari Pakar Pendidikan, Drs. Sucangih M.Pd Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal, serta Nasrudin SPd, dari Unsur Pendidikan Berbasis Kekhasan Agama.(*)

 

Penulis/Editor : Sri Wiyono

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.