PESILAT : Wakil Bupati Tuban Riyadi Menyalami Para Peseliat yang Akan Diberangkatkan ke Ajang Kapolda Jatim Cup


IAINUonline – Kabupaten Tuban dikenal sebagai gudangnya pesilat. Untuk membuktikan kemampuannya, para pesilat ini apakah bisa meraih presatasi di ajang resmi atau tidak.

Tahun ini, ajang kejuaraan pencak silat Kapolda Jatim Cup digelar. Di event perdana ini, Polres Tuban menigirimkan 8 pesilat. Mereka diberangkatkan dari aula Sanika Satyawada Polres Tuban oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) AKBP Darman, S.I.K, Kamis (25/11/2021).

Turut hadir dalam upacara pemberangkatan kontingen, Wakil Bupati Tuban H. Riyadi, S.H., Ketua KONI Kabupaten Tuban Mirza Ali, S.T., M.M, Ketua IPSI Cabang Tuban H. Faisol Rozi serta pejabat utama Polres Tuban.

Sebanyak 8 atlet pencak silat usia 14 – 17 tahun itu akan berlaga dalam kejuaraan yang rencana digelar selama 5 hari dimulai tanggal 25-29 Nopember 2021 bertempat di Mapolda Jawa Timur.

‘’Mereka telah lolos seleksi yang digelar oleh Polres Tuban pada Minggu (21/11) lalu,’’ tambah Kapolres.

AKBP Darman menjelaskan kejuaraan pencak silat remaja Kapolda Jatim Cup 2021 merupakan turnamen yang baru pertama kalinya digelar dengan tujuan untuk mengakomodir serangkaian kegiatan perguruan silat yang ada di Jawa Timur.

“Hari ini kita berangkatkan 8 atlet kategori remaja umur dibawah 18 tahun dengan kelas berat badan masing-masing ada 4 atlet laki-laki dan 4 perempuan dalam rangka mengikuti turnamen pencak silat Kapolda Jatim cup untuk pertama kalinya,” ungkapnya.

Dia berharap dengan turnamen ini bisa memberikan ruang bagi atlit untuk menyalurkan kemampuannya. Dan nantinya bisa terjalin baik hubungan antarperguruan.

Selain itu,  diharapkan bisa menjadikan komunikasi antarperguruan silat bisa lebih baik, dan bisa memunculkan atlet-atlet yang berprestasi untuk dapat mengikuti kejuaraan di kancah nasional bahkan internasional.

“Harapannya nanti dengan kegiatan ini komunikasi antar perguruan bisa semakin baik, gesekan di lapangan juga semakin berkurang dan terlebih nanti bisa mendapatkan atlet-atlet yang bisa mewakili secara nasional” tutur perwira polisi asal Demak itu.

Alumni Akpol 2000 itu berpesan kepada seluruh atlit agar tetap memperhatikan faktor keamanan dan tetap menjunjung sportifitas selama kejuaraan berlangsung.

“Selamat bertanding, jaga sportifitas, jaga nama baik Kabupaten Tuban, raihlah prestasi setinggi-tingginya di kancah turnamen Kapolda Jatim Cup,’’ pungkas Darman.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.