KEPALA DINAS KESEHATAN KABUPATEN TUBAN : Bambang Priyo Utomo


IAINUonline – Wabah Covid-19 banyak memakan korban. Selama masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Tuban, selain masyarakat, tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan bidan juga banyak yang terpapar, bahkan meninggal dunia.

Data di pemerintah provinsi (pemprov) Jawa Timur, per tanggal 12 Agustus 2021 lalu, secara kumulatif jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban tercatat 6.875 kasus. Dari jumlah itu 5.727 pasien dinyatakan sembuh dan 889 pasien meninggal. Sedang pasien yang masih aktif sebanyak 259 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo mengungkapkan, selama pandemi mewabah ada sebanyak 7 dokter gugur dan sekitar 120 perawat dan bidan terpapar Covid-19.

“Untuk tenaga kesehatan dokter yang meninggal karena terpapar Covid-19 ada 7 orang itu mulai dari awal pandemi sampai saat ini. Kalau untuk perawat dan bidan lebih banyak lagi,” terang Kadinkes Tuban kepada wartawan.

Selain itu, Kadinkes menambahkan, saat ini masih ada sekitar 120 tenaga medis perawat dan bidan di puskesmas-puskesmas se-Kabupaten Tuban yang masih menjalani isolasi karena terpapar Covid-19.

“Tapi rata-rata sudah hampir 10 hari isolasinya,” jelas Bambang.

Sementara itu sebatas diketahui, berdasarkan update data persebaran Covid-19 per 10 Agustus 2021, jumlah kumulatif terkonfirmasi potitif Covid-19 sebanyak 6.812 orang, jumlah terkonfirmasi yang sembuh sebanyak 5.640 orang.

Untuk mengatasi, lanjut dia, mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat umum dalam rangka menciptakan Herd Immunity. Tenaga kesehatan (nakes) mulai menjalani vaksinasi dosis ketiga.

Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga tersebut dikhususkan bagi seluruh nakes dengan jenis vaksin yang disuntikan adalah Moderna.

“Jatah kita semua nakes dapat jatah vaksin dosis ketiga. Cuma pelaksanaannya bertahap,” urainya.

Dia menambahkan, penyuntikan vaksin dosis ketiga bagi para nakes tersebut sudah dimulai pada pekan lalu, dengan sistem pemberian vaksin pada hari Sabtu.

Sebab, setelah divaksin para nakes pasti merasakan panas tinggi dan gejala linu. Sehingga jika dilakukan pada hari Sabtu, pada hari Senin selanjutnya masih bisa memberikan pelayanan.

Jumlah nakes di Kabupaten Tuban yang telah disuntik vaksin dosis ketiga ini sudah sekitar 30 persen. Vaksin dosis ketiga ini bisa diberikan kepada nakes yang belum pernah terpapar Covid-19. Sedangkan, bagi nakes yang pernah terpapar Covid-19 harus berjarak 3 bulan.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.