BANTUAN BAZNAS : Ketua BAZNAS Tuban Menyerahkan Langsung Bantuan untuk Warga Miskin Produktif


IAINUonline – Banyak usaha warga yang terpuruk di masa pandemi Covid-19. Perpanjangan PPKM Level 3 di Tuban makin memperburuk kondisi. Tak ingin warga semakin terpuruk, BAZNAS Kabupaten Tuban bergerak.

Lembaga ini memberikan bantuan modal usaha pada warga miskin yang punya usaha. Kali ini bantuan berupa motor roda tiga kepada warga miskin produktif yang diberikan. Bantuan diberikan kepada Tessa Intan Kristiani, warga Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Ketua BAZNAS Kabupaten Tuban Siti Syarofah menyerahkan langsung bantuan tersebut dengan didampingi Sekretaris Pelaksana BAZNAS Tuban, Eko Julianto.

Menurut Eko, Tessa dinilai layak menerima bantuan setelah dilakukan survei kelayakan dan diputuskan dalam rapat pleno Pimpinan BAZNAS.

Diceritakan pria yang menjabat Kepala Dinas Sosial ini, bahwa awalnya dulu Tessa merupakan korban kekerasan dalam rumah tangga.

“Karena memiliki skill memasak dan orangnya ulet,  mbak Tessa dikontrakkan rumah dan difasilitasi untuk usaha catering kecil-kecilan,” tutur Eko.

Usaha catering tersebut bisa bertahan dan cukup berkembang. Dikatakan, sering kali pesanan nasi kotak atau tumpeng diantar menggunakan motor roda  sambil menggendong anaknya yang masih kecil.

Bahkan di masa pandemi ini, pesanan makanan dari warga masih banyak. Terlebih untuk warga yang isolasi mandiri, Tessa kerap menerima pesanan juga sering berdonasi kepada mereka. “Karena hasil survei menunjukkan bahwa bantuan yang layak untuk mengembangkan usaha mbak Tessa adalah alat mobilisasi yang bisa menampung banyak barang, maka bantuan yang diberikan adalah motor roda tiga ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Siti Syarofah berpesan kepada Tessa agar bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pengembangan usaha cateringnya.

“Bantuan ini merupakan amanah dari donatur BAZNAS Tuban. Tolong nanti bisa digunakan sebaik-baiknya. Semoga berkah untuk keluarga mbak Tessa,” tutur Syarofah.

Menerima bantuan tersebut, Tessa merasa bersyukur karena dia bisa membawa barang pesanan lebih banyak dari sebelumnya.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.