KENAIKAN TINGKAT : Peserta Ujian Kenaikan Tingkat UKM Pagar Nusa usai Menjalani Kegiatan


IAINUonline – Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa merupakan salah satu UKM yang disediakan untuk mewadahi kreativitas dan bakat mahasiswa. Di IAINU Tuban, Pagar Nusa sebagai UKM sudah berdiri sejak dua tahun lalu.

Organisasi ini tidak hanya menekankan pada ilmu bela diri saja. Namun, organisasi ini juga menekankan pada anggota untuk bisa berorganisasi sesuai dengan tupoksi manajemen layaknya organisasi pada umumnya.

Lazimnya perguruan pencak silat, anggotanya secara berkala juga menjalani kenaikan tingkat setelah latihan cukup lama. Tak terkecuali PSNU Pagar Nusa IAINU Tuban ini.

Minggu (07/03/21) Pagar Nusa IAINU sudah menggelar ujian kenaikan tingkat (UKT) yang pertama di kampus. Jumlah pesertanya 15 orang. UKT ini bertujuan mencetak generasi Nahdlatul Ulama yang militan.

‘’Agar ke depannya bisa menjadi generasi penerus Pagar Nusa yang tangguh dan professional,’’ ujar Gus Athoillah salah satu pelatih Pagar Nusa di IAINU Tuban.

UKT ini dilaksanakan dengan sistem Pagar Nusa yang berada di kampus. Artinya lebih menekankan pada aspek kognitif peserta.
Oleh karena itu, peserta dibekali dengan materi-materi dasar yaitu ke-Pagar Nusa-an, ke-aswajaan dan keorganisasian.

“Meskipun begitu, dari tim panitia juga tidak meninggalkan adat khas dalam Pencak Silat itu sendiri yaitu ujian fisik,” katanya.(*)

Penulis : Siti Nurjanah
Editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.