header-int

Sejarah Institut

Posted by : Administrator
Share

Sejarah IAINU Tuban

IAINU Tuban didirikan oleh Badan Pengelola Pendidikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Tuban (BPP-PCNU). Embrio berdirinya berawal dari perubahan UNSURI Surabaya di Tuban menjadi STITMA Tuban (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim Tuban) pada tanggal 11 Maret 1989 dengan SK Nomor : 58 Tahun 1989 yang ditandatangani oleh H.Munawir Sjadzali (Menteri Agama RI) Sebagai bagian dari amal usaha PCNU Tuban. 

STITMA Tuban dengan bekal pengalaman lebih dari 30 tahun dalam mengelola institusi pendidikan, maka sejak tahun 2019 mulai diajukan proses legalitas perubahan bentuk institusi ke DIKTIS menjadi Institut. Sebuah lompatan besar tapi terarah dari proses yang panjang, akhirnya pada tahun itu pula terbentuklah Institut Agama Islam Nahdlatu Ulama (IAINU) Tuban.

Kurikulum di IAINU Tuban merupakan kurikulum yang up to date sesuai dengan tuntutan masyarakat modern. Serta berorientasi pada kemandirian mahasuwa. IAINU Tuban memiliki visi dan misi yang jelas untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan Entrepreneur Religius. 

Unidha Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim (STITMA) Tuban resmi menjadi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban atau IAINU Tuban. Perubahan bentuk/alih status tersebut diresmikan dengan surat keputusan Menteri Agama RI No 1191 Tahun 2019 tertanggal 26 Desember 2019 lalu. Ketua BPP STITMA,STIKES NU Tuban KH. Mustain Syukur menyampaikan harapannya bahwa kedepan IAINU bisa menjadi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Tuban.
© 2021 IAINU Tuban Follow Sosmed IAINU Tuban : Facebook Twitter ig Youtube