header-int

proil Fak. Syariah

Posted by : Administrator
Share

PROFIL FAKULTAS SYARIAH

  1. FUNGSIONARIS FAKULTAS SYARIAH
  1. Dekan                                            : Aufi Imaduddin, S.H.I., M.H.
  2. Ka Prodi Hukum Keluarga Islam                 : Yudi Arianto, M.H.I
  3. Dosen Prodi Hukum Keluarga Islam  : Rinwanto, S.Sy., M.H.

  Mir’atul Firdausi, M.H.I.

 

  1. SEJARAH, DESKRIPSI DAN POTENSI FAKULTAS SYARIAH

Fakultas Syariah ini didirikan pada tahun 2019 seiring dengan perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrohim (STITMA) Tuban menjadi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) tuban pada 26 Desember 2019 melalui Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 1191 tahun 2019 Tentang Izin Perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrohim (STITMA) Tuban menjadi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) tuban. Jauh sebelumnya pada tahun 1982 telah didirikan Yayasan Sunan Giri yang merupakan cikal bakal berdirinya STITMA. Ini berarti Fakultas Syariah berdiri setelah STITMA berumur lebih dari tiga dasawarsa.

Latar belakang didirikan fakultas ini adalah untuk merespon kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap ilmu Syariah yang semakin meningkat, masih banyak permasalahan yang dihadapi masyarakat muslim Indonesia seiring dengan berkembangnya zaman yang perlu diselesaikan dengan pendekatan hukum syariah, baik permasalahan di tingkat pengadilan agama maupun di masyarakat, hal tersebut bisa kita lihat diberbagai kajian yang ada di majlis bahsu masail, majlis tarjih maupun ditingkat Majelis Ulama Indonesia. Perkembangan kajian hukum islam baik di Indonesia maupun di beberapa Negara dunia semakin mempertegas urgensi dan relevansi ilmu syariah. Kini relevansi fakultas semakin signifikan ketika wacana hukum islam menjamur diberbagai perguruan tinggi dunia.

Fakultas Syariah IAINU Tuban hadir dengan mengusung Program Studi unggulan yaitu Hukum Keluarga Islam (HKI) atau bisa disebut Ahwal Al Syakhshiyyah atau Islamic family Law yang akan memberikan mahasiswa ilmu-ilmu tentang kekeluargaan berbasis syariah disamping juga memberikan ilmu-ilmu hukum lainnya guna memperkaya khzanah keilmuan mahasiswa.

Kami Fakultas Syariah juga berkomitmen untuk kedepannya guna menyongsong berdirinya Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Tuban di kemudian hari, Fakultas Syariah ini semoga akan dapat bermetamorfosis menjadi Fakultas Syariah dan Hukum yang mempunyai beberapa program studi lainnya seperti: Hukum Pidana Islam (HPI), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Tata Negara (HTN), di samping Hukum Keluarga Islam (HKI) yang sudah ada.

  1. VISI FAKULTAS FAKULTAS SYARIAH

Menjadi fakultas Unggul dan terdepan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu syariah serta menghasilkan lulusan yang profesional dan kompetitif yang berkarakter ahlusunnah wal jama’ah al-nahdliyah.

  1. MISI FAKULTAS FAKULTAS SYARIAH
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran hukum islam secara professional dalam rangka melahirkan ahli dan atau praktisi di bidang hukum islam yang memiliki komitmen terhadap nilai-nilai keagamaan dan keadilan serta berkarakter ahlusunnah wal jama’ah al-nahdliyah.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengkajian yang inovatif, kreatif dan profesional di bidang hukum islam.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang hukum islam.
  4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik antar sesama perguruan tinggi, pemerintah, perusahaan dan organisasi masyarakat sipil atau individu lainnya dalam bidang hukum islam.
  1. PROFIL LULUSAN

Adapun lulusan Fakultas Syariah dapat menjadi Akademisi serta praktisi/tenaga ahli seperti : Dosen, Hakim dalam lingkup pengadilan Agama, Mediator, Panitera, Advokat (Pengacara), Staff Ahli Mahkamah Konstitusi serta mahkamah Agung, Kepala atau tenaga ahli dan administrasi KUA, Penghulu,  Tenaga Ahli pada Lembaga Fatwa dan Tenaga Ahli Hisab-Rukyah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tuban, 5 April 2020

Dekan Fakultas Syari’ah,

 

 

Aufi Imaduddin, S.H.I., M.H.

Unidha Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim (STITMA) Tuban resmi menjadi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban atau IAINU Tuban. Perubahan bentuk/alih status tersebut diresmikan dengan surat keputusan Menteri Agama RI No 1191 Tahun 2019 tertanggal 26 Desember 2019 lalu. Ketua BPP STITMA,STIKES NU Tuban KH. Mustain Syukur menyampaikan harapannya bahwa kedepan IAINU bisa menjadi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Tuban.
© 2020 IAINU Tuban Follow Sosmed IAINU Tuban : Facebook Twitter Linked Youtube