header-int

profil PAI

Posted by : Administrator
Share

PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

VISI

Menjadi Program Studi Terkemuka Yang Inovatif  Dan Kompetitif Dalam Mengintegrasikan Keilmuan, Keislaman, Penelitian, Dan Pengabdian Masyarakat Dengan Karakter Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah

MISI

Misi Program Studi Pendidikan Agama Islam IAI NU Tuban berikut :

  1. Menjadikan mahasiswa sebagai pendidik yang berwawasan luas, profesional, berfikir dan bersikap kritis, mandiri bermasyarakat serta berkarakter ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah.
  2. Menanamkan kepribadian Muslim yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia serta berkontribusi kepada agama, lembaga, bangsa, dan negara.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan Islam melalui pengkajian, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  4. Menyiapkan tenaga pendidik berpola pikir entrepreneur religius yang memiliki kemampuan akademik dan profesional pada jenis dan jenjang pendidikan sehingga menumbuhkan kepekaan, ketajaman dan keahlian dalam mengelola semua potensi yang ada.

TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Agama Islam IAI NU Tuban berikut:

  1. Menghasilkan sarjana (lulusan) yang punya iman kuat berakhlakul karimah, inovatif, kreatif dan mandiri.
  2. Menyiapkan lulusan yang memiliki kepekaan dalam melihat potensi dan mengelolanya menjadi sesuatu yang berharga dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman ilmu dan wawasan luas untuk mengembangkan masyarakat Muslim yang berkarakter maju dan modern.
  4. Menghasilkan kader-kader Nahdlatul Ulama’ yang profesional, loyal kepada organisasi dan cinta kepada tanah air.

PROFIL LULUSAN

  1. Pendidik PAI

Pendidik dalam bidang Agama Islam pada lembaga pendidikan formal (madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah dan yang sederajat), maupun non formal (madrasah diniyah dan yang sederajat) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan Islam yang berkarakter ahlussunnah wal jamaah an nahdliyah

  1. Konsultan Pendidikan

Konsultan yang bertugas memberikan bimbingan, motivasi dan arahan pada bidang Pendidikan Agama Islam jalur pendidikan formal (madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah dan yang sederajat), maupun non formal (madrasah diniyah dan yang sederajat)

  1. Edupreneur Religius

Memiliki kepekaan melihat potensi dalam mengembangkan pendidikan formal (madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah dan yang sederajat), maupun non formal (madrasah diniyah dan yang sederajat) yang melandaskan setiap amaliyahnya sesuai dengan tuntunan agamanya dan menciptakan identitas diri dan kredibilitas pribadi yang mampu menebarkan manfaat bagi manusia dan sesama terhadap Allah SWT

Unidha Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim (STITMA) Tuban resmi menjadi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban atau IAINU Tuban. Perubahan bentuk/alih status tersebut diresmikan dengan surat keputusan Menteri Agama RI No 1191 Tahun 2019 tertanggal 26 Desember 2019 lalu. Ketua BPP STITMA,STIKES NU Tuban KH. Mustain Syukur menyampaikan harapannya bahwa kedepan IAINU bisa menjadi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Tuban.
© 2020 IAINU Tuban Follow Sosmed IAINU Tuban : Facebook Twitter Linked Youtube