header-int

Profil Fak. Dakwah

Posted by : Administrator
Share

PROFIL FAKULTAS DAKWAH

  1. STRUKTUR ORGANISASI FAKULTAS DAKWAH
  1. Dekan: Jamal Ghofir. S.Sos.I. M.A.
  2. Ka Prodi MD: Ela Rosyida M.Pd.
  3. Dosen Prodi MD:
  1. Emi Fahrudi. S.Psi, M.M.
  2. AuliyaUrokhim, S.Hum, M.A.
  3. Hj. Jauharotina Alfadhilah, L.c., M.Ag

 

  1. SEJARAH

Tuban pada saat itu tidak hanya menjadi tempat penting pada masa Kerajaan Majapahit, namun Tuban juga menjadi tempat penting pada masa penyebaran Agama Islam di Nusantara. Hal tersebut dikarenakan Tuban berada di Pesisir Pantai Utara Jawa yang menjadi pusat perdagangan. Kota Tuban yang terletak di Pantai Utara Jawa, antara dua kota besar, yaitu: Ibukota Propinsi Jawa Tengah (Semarang) dan Ibu Kota Propinsi Jawa Timur (Surabaya) menjadi lokomotif pergerakan agama Islam ke penjuru Nusantara (Dakwah). Perjalanan penyebaran Islam di Bumi Nusantara yang memiliki berjuta ragam budaya, agama, dan keyakinan. Menjadikan gerak langkah penyebaran ajaran Islam harus menyesuaikan dan bisa melebur dalam kebudayaan masyarakat lokal, tanpa menghilangkan nilai-nilai ajaran yang dibawa. Komunitas Muslim terbentuk di wilayah-wilayah pesisir pantai dan pelabuhan, dengan strategi dakwah melalui pendekatan budaya, selanjutnya Islam mendapatkan simpati masyarakat dan berkembang pesat.

Peradaban sebagai sesuatu yang terus berproses, pasti mengalami naik turun dalam perkembangnya. Oleh karena itu, seluruh elemen masyarakat bertanggung jawab dalam mengemban kemajuan budaya. Kaum agamawan, kelompok politisi, seniman dan cendekiawan, begitu juga para akademisi yang berkutat pada wilayah kajian di Perguruan Tinggi (kampus), semuanya berkewajiban untuk menjaga tingkat kebudayaan yang ada bahkan mengangkat ketaraf yang lebih tinggi.

Dengan arus perkembangan zaman (globalisasi) tidak dapat dihindari sebagai sebuah realitas dunia modern. Kabupaten Tuban dengan Slogan “Tuban Bumi Wali The Spirit of Harmony” saat ini mengalami tantangan yang besar, tidak hanya pada wilayah perkembangan keagamaan, kebudayaan, dan bahkan industrialisasi yang sudah masif membutuhkan kehadiran kearifan lokal (local Wisdom) sebagai penyeimbang dalam perkembanganya.

Oleh karena itu, dengan berpegang teguh pada kaidah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama’ Tuban (IAINU) turut serta dalam pengawalan tersebut dengan berdirinya Fakultas Dakwah. Fakultas Dakwah dengan Prodi Manajemen Dakwah di IAINU Tuban resmi dibuka sejak 1 Maret 2020. Hal ini beriringan dengan  berubahnya status perguruan tinggi dari Sekolah Tinggi menjadi Institut pada tanggal 14 Pebruari 2020. IAINU Tuban sebelumnya bernama STITMA yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim yang sudah ada sejak 1986.

 

  1. VISI FAKULTAS DAKWAH

Menjadi fakultas unggul dan terdepan dalam pendidikan, penelitian, penerapan, pengembangan ilmu dakwah berbasis entrepreneur social relegius dan berkarakter  Ahlussunah Wal Jama’ah An Nahdliyah untuk kemanusiaan dan peradaban.

 

  1. MISI FAKULTAS DAKWAH
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu dakwah berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan yang unggul, interdisipliner, kompetitif, dan berakhlak al-karimah.
  2. Menyiapkan sarjana yang visioner dengan kompetensi ilmu dakwah yang sadar berkarya untuk Islam, kemanusiaan, dan peradaban.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat melalui pendekatan empowerment yang menempatkan interaksi yang dinamis dan penuh kemitraan antara kampus dan masyarakat.
  4. Menggali dan menerapkan kearifan lokal dalam bidang ilmu dakwah.
  5. Melakukan kerjasama secara inklusif dengan berbagai pihak, baik antar sesama perguruan tinggi, pemerintah, perusahaan dan organisasi masyarakat sipil atau individu lainnya yang memiliki komitmen dalam pengembangan ilmu dan kemajuan kualitas manusia dan peradaban dalam pengembangan tridarma perguruan tinggi.

 

  1. DESKRIPSI FAKULTAS

Selama ini banyak orang yang salah kaprah mengartikan Fakultas Dakwah adalah Fakultas yang hanya mencetak para da’i saja. Namun demikian, dakwah yang dimaksudkan disini adalah dakwah secara lebih luas. Berdakwah tidak hanya dilakukan dengan menjadi da’i. Banyak sekali jalan yang dapat dilakukan untuk mensyi’arkan dakwah, salah satunya adalah dengan menjadi praktisi/tenaga ahli : Dosen, penyuluh agama, wartawan, penyiar, konselor, dan lembaga-lembaga berbasis Islam seperti sekolah Islam, bank mini syari’ah, pondok pesantren, Islamic center, travel haji dan umroh, lembaga bimbingan haji, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lembaga-lembaga keislaman tersebut tentunya membutuhkan tenaga ahli yang profesional. Oleh karena itu, Fakultas Dakwah IAINU Tuban hadir dengan mengusung Program Studi unggulan yaitu Manajemen Dakwah yang akan membekali mahasiswa ilmu-ilmu manajerial berbasis keislaman.  Di samping itu, semoga kedepan Fakultas Dakwah dapat mengembangkan program studi lainya seperti : Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan dan Penyuluh Islam (BPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).

 

  1. PROFIL LULUSAN

Adapun lulusan Fakultas Dakwah dapat menjadi praktisi/tenaga ahli : Dosen, penyuluh agama, wartawan, penyiar, konselor, dan lembaga-lembaga berbasis Islam seperti sekolah Islam, bank mini syari’ah, pondok pesantren, Islamic center, travel haji dan umroh, lembaga bimbingan haji, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

 

Tuban, 20 Maret 2020

Dekan Fakultas Dakwah,

 

 

                                                                                                         Jamal Ghofir, S.Sos.I, M.A.

Unidha Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim (STITMA) Tuban resmi menjadi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban atau IAINU Tuban. Perubahan bentuk/alih status tersebut diresmikan dengan surat keputusan Menteri Agama RI No 1191 Tahun 2019 tertanggal 26 Desember 2019 lalu. Ketua BPP STITMA,STIKES NU Tuban KH. Mustain Syukur menyampaikan harapannya bahwa kedepan IAINU bisa menjadi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Tuban.
© 2020 IAINU Tuban Follow Sosmed IAINU Tuban : Facebook Twitter Linked Youtube