IAINUonline – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menggelar Jambore Literasi dan Moderasi Beragama (Jam Lima). Kegiatan dibuka langsung Plt. KaKanwil Kemeterian Agama Propinsi Jawa Timur Dr. H. Nawawi di tempat wisata alam Sendang Maibit, Desa Maibit, Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban.

Kegiatan yang mengusung tema “Dengan budaya literasi dan Moderasi Beragama menuju Rahmatan lil’alamin” ini dikuti oleh siswa-siswi madrasah se Kabupaten Tuban. Mulai dari tingkat MI hingga Madrasah Aliyah (MA) dengan jumlah peserta 1.235 orang. Terdiri dari 1.040 peserta, 132  pendamping, dan  63 panitia yang terbagi atas 132 regu.

Ketua penyelenggara Jam lima Qomarudin menyampaikan, acara akan berlangsung selama tiga hari mulai 25 Juni 2022. Selain Kakanwil kemenag Jatim, juga dihadiri oleh Kankemenag Kabupaten Tuban serta seluruh Kepala Seksi  Kankemenag Kabupaten Tuban, FKUB Tuban, dan organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan yang lain.

Ia menambahkan, kegiatan ini tidak lain sebagai implementasi 7 program kementerian agama, diantaranya tentang Penguatan moderasi beragama, digitalisasi madrasah, dan literasi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Dr. H. Munir menyampaikan bahwa kegiatan Jam lima diisi dengan kegiatan implementatif penulisan cerpen, dongeng, dan puisi bagi MI dan MTs.

Serta penulisan cerpen, puisi, KIR, dan reportase untuk MA. Ini sebagai upaya memberikan pengalaman nyata bagi anak didik di Kemenag Kabupaten Tuban.

Selain itu sebagai hikmat  Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Tuban terhadap alam, dilakukan penaman 1.000 pohon di sekitar Sendang Maibit Kecamatan Rengel tempat kegiatan dilaksanakan.

Plt Kakanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur, Dr. H. Nawawi menyampaikan, kegiatan seperti ini baru pertama dilakukan di Jawa Timur. Semoga ke depan mampu menginspirasi madrasah-madrasah lain se Jawa Timur, bahkan di Indonesia.  Acara dimeriahkan dua group marcing band dari MAN 1 Tuban.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.