Gambar jaringan IDN


Jaringan IDN hadir sebagai mitra terdekat sekolah atau madrasah Digital 4.0 yang siap dalam menghadapi kemajuan teknologi bersama jaringan IDN. Digitalisasi jaringan IDN dimulai dari pondasi kelembagaan berupa Digitalisasi data, keuangan, pendaftaran siswa baru, hingga pembelajaran jarak jauh.

Jaringan IDN telah bermitra dan membantu lebih dari 450 sekolah, madrasah, pondok pesantren, perguruan tinggi, PKBM dan bimbingan belajar di 74 kota / Kab di seluruh indonesia.

Jaringan IDN telah membantu sekolah dan madrasah mendigitalisasi data sehingga memudahkan dalam penginputkan data dapodik, laporan BOS, Laporan Yayasan dan mengurangi tunggakan pendidikan sehingga 16%.

Selain untuk pemerataan dan percepatan digitalisasi madrasah, IDN juga di harapkan meningkatkan daya saing madrasah dalam menerapkan sistem digital di provinsi jawa timur khususnya. Hal ini agar madrasah di provinsi Jawa Timur dapat menjadi madrasah hebat dan bermartabat bagi lingkungan sekitarnya, dan mengikuti perkembangan di era Digital.

Jaringan IDN di kembangkan Oleh Infradigital yang merupakan Startup di bidang Education dan Financial Thecnology terdepan yang berdiri sejak mei 2018 dan satu satunya yang terdaftar di Bank Indonesia (BI) serta mengantongi sertifikat ISO 27001:2013 mengenai Sistem Keamanan Informasi (ISMS).

Terwujudnya literasi digital dilakukan melalui penerapan Portal Digital (PORDI) pada madrasah di Jawa Timur. PORDI merupakan Produk jaringan IDN yang dapat membantu digitalisasi Lembaga Pendidikan mulai dari perapian data yang sesuai dengan EMIS / Dapodi, pembuatan Website Lembaga Pendidikan, Fitur donasi, dan Fitur Pengumuman. Terintegrasi dengan aplikasi pelajar yang dapat memudahkan komunikasi antara lembaga pendidikan dengan orang tua wali dan peserta didik.

Menyongsong era digital, madrasah harus berkecimpung dan masuk didalamnya. “Dunia sekarang adalah Era Digital dan kita adalah Pelayan Masyarakat (Pendidik dan Tendik). Seluruh kepala madrasah harus berkomitmen tinggi, berpikir bagaimana madrasah di Kab Tuban ini bisa sama dengan madrasah yang sudah maju di kabupaten lain. Madrasah harus lebih maju dengan jaringan IDN”

“Dengan Jumlah Total 613 lembaga, dengan peserta 1.226 kepala dan bendahara se-Kab Tuban mulai tanggal 27-September s/d 8 Oktober 2021 secara bergantian akan dilaksanakanya pendampingan”

Akan bagaimana Madrasah?

Dan harus bisa berkualitas di Era Transformasi digital. Transformasi Digital sendiri masuk dalam program unggulan Kankemenag sampai tahun 2024. Setelah semua madrasah menjalankan jaringan IDN, pihak jaringan IDN setiap tahunya akan dilakukan pendampingan per wilayah kerja dan akan di tutup dengan anugrah untuk madrasah digital terbaik di setiap wilayah kerja.

Selama tiga tahun, setelah semua wilayah kerja /Kabupaten telah merealisasikan rangkaian kegiatan ini maka akan di tutup dengan anugerah inovasi Madrasah Digital. “ Best Of The Best Untuk memberikan penghargaan bagi madrasah yang menerapkan digitalisasi madrasah dengan terbaik.”

Fungsi madrasah sebagai lembaga pendidikan Formal dan keagamaan menuntut madrasah mengikuti perkembangan zaman, termasuk dalam teknologi informasi digital, karenanya, literasi digital pada madrasah menjadi sangat penting agar dapat tercapai pemerataan digitalisasi sehingga dapat mewujudkan Madrasah Hebat dan Bermartabat.

“PorDi merupakan produk jaringan IDN yang dapat membantu digitalisasi lembaga pendidikan melalui dari perapian data yang sesuai dengan EMIS/dapodik, pembuatan website Lembaga Pendidikan, fitur donasi dan fitur pengumuman”, PorDi juga akan terintegrasi dengan aplikasi pelajar yang dapat memudahkan komunikasi antara lembaga pendidikan dengan orang tua/wali dan peserta didik.

Jaringan IDN memberikan program terbuka untuk madrasah dengan PorDi yang dapat menjadikan langkah besar dalam membangun infrastruktur data pusat kelola data untuk lembaga pendidikan. Selain pemerataan dan perceapatan digitalisasi madrasah, program ini juga diharapkan meningkatkan daya saing madrasah dalam menerapkan sistem digital diberbagai daerah. Hal ini agar madrasah di berbagai daerah dapat menjadi madrasah yang hebat dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya dan mengikuti perkembangan di era digital.

PorDi adalah jaringan platform digitalisasi data lembaga pendidikan mulai dari sekolah, madarasah, pesantren, kampus, universitas, bimbel, PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Berikut gambar portal Digital menuju Madrasah Digital 4.0 :

Gambar jaringan IDN

 

Penulis : Siti Mufarrochah PAI Aksel-G

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.