Sumber gambar : Wordpress


Pendidikan karakter sangat penting untuk anak. Oleh karena itu, pendidikan karakter perlu dibentuk dan diajarkan kepada anak sejak usia dini. Karena pada usia dini inilah kecerdasan serta perkembangan yang luar biasa terjadi pada diri anak-anak.

Pendidikan karakter sejak usia dini merupakan tugas utama orang tua sebab orang tua adalah lingkungan yang tidak terpisahkan dengan anak, baik buruknya anak tergantung sikap orang tua, seperti kata pepatah anak-anak kita adalah cerminan diri kita sendiri.

Anak-anak pertama belajar dengan cara mengamati lingkungan sekitar, anak yang tumbuh dan berkembang di lingkungan yang sehat akan mudah dibentuk karakternya berbeda dengan anak kurang beruntung yang hidup di lingkungan yang kurang sehat. Mereka akan tumbuh lebih lambat dengan mengikuti gaya kehidupan lingkungan sekitar.

Lingkungan memang sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbahan anak-anak sebab mereka akan tumbuh dengan mengikuti apa yang mereka amati sehari-harinya.

Dalam hal ini lingkungan keluarga menjadi kunci utama dalam penanaman karakter pada anak usia dini, orang tau harus mampu memberikan perhatian dan pengertian serta menjadi teladan yang baik kepada anak baik dari segi tingkah maupun kata, tanpa kita sadari terkadang yang menjadi kebiasaan maupun gaya bicara itu akan menurun kepada anak tanpa kepada anak.

Adapun pendidikan karakter utama yang harus ditanamkan kepada anak adalah sikap jujur agar menjadikan anak menjadi pribadi yang baik. Terbiasa mengatakan yang sebenarnya, selain itu adalah toleransi karena sikap ini juga tak kalah pentingnya sebab untuk membekali anak bahwa perbedaan itu ada dan harus disikapi dengan bijak meskipun terkadang bertentangan tetap harus diterima.

Karakter mandiri juga perlu tertanam karena melatih anak agar tidak bergantung dan mudah beradaptasi dengan lingkungan lain. Sikap kerja keras dan kreatif juga perlu ditanamkan sebab dari sikap kerja keras akan membiasakan anak menjadi pribadi yang kuat tidak mudah menyerah, dan meminta-minta.

Selanjutnya tak kalah penting dan sangat penting adalah nilai karakter religius sebab ini mengajarkan kepada anak tentang keesaan-keesaan Tuhannya dan cara ibadah serta dia menganal agamanya.

Pendidikan karakter dalam skala kecil bisa dimulai dari cara dan gaya bahasa, anak yang terbiasa mendengar orang tuanya berbahasa kasar akan terbentuk karakter peniru seperti itu dan sebaliknya anak yang terbiasa mendengarkan orang tuanya bertutur kata lembut akan menirunya sebab daya ingat anak sejak usia dini adalah dimulai dari pendengaran dan penglihatannya.

Oleh karena itu peran orang tua disini sangat luar biasa dalam pola penanaman serta pembiasaan karakter sejak usia dini. Semua dimulai dari orang tua sebagai kunci utama penggerak serta berhasil dan gagalnya.

 

Penulis : Kholisatul Fauziah Pai Aksel F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.