PILKADES DIGITAL : Ketua DPRD Miyadi Mewacanakan Pilkades Digital


IAINUonline – Perkembangan teknologi informasi yang memaksa perubahan beberapa segi kehidupan. Termasuk dalam hal pemilihan jabatan politis. Salah satunya pemilihan kepala desa (pilkades).

DPRD Tuban mewacanakan, untuk mengikuti perkembangan teknologi informasI tersebut, bakal digelar pilkades secara digital atau elektronik.

Ketua DPRD Kabupaten Tuban M.Miyadi mengatakan, pada 2022 mendatang, ada sejumlah wilayah desa di Kabupaten Tuban bakal melangsungkan (pilkades). Diwacanakan proses pemilihan pemimpin desa itu bakal beda dari sebelumnya.

Jika pilkades sebelumya masih pakai cara manual, dengan sistem coblos kertas menggunakan paku, tahun depan diwacanakan akan diubah lebih modern dengan menggunakan sistem elektronik.

‘’Kita wacanakan demikian, untuk perangkat hukumnya sedang kita godok saat ini berupa perda,’’ ujar Miyadi.

Menurut Miyadi, pilkades elektronik telah dipraktikkan sejumlah desa di di Jogjakarta. Seperti Sleman dan Bantul yang sudah tak menggunakan paku lagi untuk mencobloa surat suara.

Sistem ini diklaim bakal lebih cepat, karena menggunakan tab yang sudah diinstal aplikasi khusus. Jika misalnya ada 3 cakades, warga yang memilih tinggal sekali klik gambar calon pilihannya. Hanya bisa dipencet satu kali tak bisa dipencet dua kali.

“Hasilnya akan langsung masuk  di layar. Sudah jelas, jadi tidak bisa dimanipulasi. Sistem elektronik itulah yang diharapkan untuk modernisasi pemilihan kades. Nanti akan kita pilih beberapa desa untuk percontohan,’’ tambah anggota DPRD dari PKB ini.

Untuk alat serta sarana prasarana sistem berbasis elektronik ini, lanjutnya,  diserahkan pada Dispemas Kabupaten Tuban untuk menggandeng pihak ketiga yang bisa memenuhi kebutuhan perangkat yang dibutuhkan.

“Proses penganggaran alat sudah dilakukan. Kalau Dispemas belum siap untuk serentak,  kita coba di kecamatan kota dulu. Tentu akan lebih mengirit biaya. Karena alatnya bukan sekali pakai. Namun bisa dipakai lagi, karena berbasis IT,’’ tandasnya.[*]

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.