DATANGI KPM : Kepala Dinas Sosial dan P3A Mendatangi Langsung KPM untuk Memastikan Kualitas Komoditas Bagus


IAINUonline – Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Tuban Eko Julianto mengecek langsung kualitas sembako yang diterima keluarga penerima manfaat (KPM).

Sebab, kualitas beras dan komoditas lain dari proram sembako atau yang sebelumnya disebut bantuan pangan nontunai (BPNT) harus dipastikan sesuai standar.

Dinsos P3A Tuban turun langsung dengan sasaran ke keluarga penerima manfaat. Sidak komoditas langsung ke KPM itu dilakukan di Kecamatan Semanding.

Eko Julianto turun ke desa-desa dengan didampingi Camat Semanding Danarji. Keluarga Darti dan Narmi warga Dusun Tlogo Desa Prunggahan Kulon yang merupakan KPM didatangi.

Eko Julianto mengungkapkan peninjauan dilakukan secara mendadak, tidak direncanakan dengan sasaran diambil secara sampling dan tidak diberitahukan sebelumnya.

‘’Tujuannya untuk memastikan bantuan yang diterima KPM sesuai ketentuan dan berkualitas baik,’’ ujar dia.

Berdasarkan hasil pengamatan langsung, Eko Julianto menyatakan komoditas pangan yang diterima KPM dari agen berkualitas baik dan sesuai dengan persyaratan. Masing-masing KPM menerima beras kualitas premium 15 kg, telur dan tempe dalam kondisi layak.

“Dari dua KPM yang kami kunjungi, seluruhnya memenuhi ketentuan,” sambungnya.

Mantan Camat Semanding ini menghimbau kepada agen dan KPM untuk mengembalikan komoditas pangan apabila mendapatkan yang tidak sesuai dengan ketentuan atau berkualitas kurang baik.

Pihak agen penyalur juga diminta benar-benar selektif menerima komoditas pangan sebelum didistribusikan ke KPM.

Mantan Kabag Kesra Setda Tuban ini menegaskan sidak serupa akan terus dilanjutkan untuk memastikan dan menjamin KPM memperoleh haknya sesuai yang telah ditetapkan.

“Peninjauan dilakukan sebagai wujud komitmen pengawasan dan pengawalan dari hulu hingga hilir guna menjamin kualitasnya,” tandasnya.

Narti salah satu KPM yang didatangi mengaku senang dan bersyukur karena telah menerima bantuan tersebut.

“Alhamdulillah bantuan yang saya terima semuanya berkualitas baik,” ujarnya.

Bantuan yang diterima akan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Narti juga berterima kasih kepada Pemkab Tuban dan Dinsos Tuban yang memperhatikan warganya. Bahkan secara langsung melihat kondisi warganya dan memastikan bantuan yang diterima berkualitas baik.(*)

 

Penulis/Editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.