DIPERIKSA : Kamar dan Penghuni Lapas Diperiksa


IAINUonline – Kamar warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban Selasa (6/4/2021) diperiksa. Masing-masing warga binaan juga diperiksa sekujur badannya dengan teliti.

Bukan hanya petugas Lapas, pemeriksaan juga melibatkan anggota Polres Tuban dan petugas dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban. Ada 53 personel yang bergerak, yakni 32 petugas Lapas, 6 petugas BNNK Tuban, dan 15 dari Polres Tuban.

Selain Kepala BNNK Tuban AKBP I Made Arjana juga ada Kabag Ops Polres Tuban Kompol Budi Santoso, Kasat Sabhara AKP Chakim Amrullah dan Kasat Narkoba AKP Daky Dzul Qornain.

“Malam ini kita sengaja menggandeng Polres dan BNNK untuk melakukan razia sebagai upaya untuk memastikan Lapas Tuban bebas halinar,’’ ujar Kepala Lapas Kelas IIB Tuban Siswarno.

Dia mengatakan, halinar adalah kepanjangan dari hape (handphone) pungli dan narotika. Para penghuni Lapas Tuban dipastikan bebas dari tiga hal tersebut. Para WBP tidak boleh ada yang memegang hape di dalam Lapas, tidak ada pungli pada siapapun di Lapas serta tidak ada pemakaian, penyimpanan dan peredaran narkotika di dalam Lapas.

‘’Untuk itu razia kami lakukan. Ini mendadak, agar hasilnya maksimal,’’ tambah Siswarno.

Dari Lapas penggeledahan dan pemeriksaan kamar, blok serta para WBP dilakukan oleh

Tim Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Tata Tertib Lapas. Tim dibantu oleh Polres Tuban dan BNNK Tuban. Setiap blok dan kamar hunian WBP diperiksa teliti.

Kegiatan diawali dengan pengarahan dari Kalapas Tuban. Dia menjelaskan tentang target penggeledahan adalah barang-barang terlarang seperti narkoba dan senjata tajam.

Lalu, petugas gabungan itu bergerak serentak menyisir blok hunian Lapas. Setiap blok hunian di dalam Lapas tersebut digeledah semua isinya.

‘’Selain untuk menindaklanjuti Surat Direktur Pemasyarakatan tentang Razia Serentak menyambut Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-57, kegiatan ini juga sebagai wujud nyata dukungan Lapas Tuban dalam upayanya untuk Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN),’’ ungkap Kalapas.

Total ada 3 blok yang digeledah. Dari dari ketiga blok itu, tidak menemukan barang-barang yang menimbulkan gangguan kamtib. Namun ada satu barang yang berbahaya, berupa pisau yang ditemukan.

‘’Kami menemukan kartu remi, domino dan pisau hasil modifikasi,’’ jelas Siswarno.

Sementara, Kepala BNNK Tuban, I Made Arjana juga menjelaskan bahwa penggeledahan ini kami laksanakan sesuai dengan standar operasional dan secara acak setiap bloknya. Tidak ditemukan narkoba dalam penggeledahan.

“Penggeledahan ini juga merupakan hasil tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara BNNK Tuban dengan Lapas Tuban,’’ katanya.

Sedang Kabag Ops Polres Tuban Kompol Budi Santoso menambahkan, dalam razia ini diturunkan 15 Personel untuk membackup kegiatan penggeledahan. Dalam penggeledahan yang dilaksanakan sekitar 2 jam di ruangan dan sel itu tidak ditemukan narkoba maupun obat berbahaya lainnya.

‘’Petugas hanya menemukan sendok, kaca, jam tangan, kartu remi, sabuk, gunting, pisau cutter, paku, serta pemotong kuku,” tandas perwira berpangkat melati satu dipundak itu.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.