TERIMA VAKSIN : Para Lansia di Tuban Secara Bertahap Mulai Menerima Vaksin


IAINUonline – Babak baru vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tuban dimulai. Setelah tenaga pelayanan public kali ini masuk vaksinasi untuk para warga lanjut usia (lansia).

Vaksinasi untuk para lansia di Kabupaten Tuban juga dilaksanakan di Gedung Korpri Kabupaten Tuban mulai Rabu (07/04/21). Pelaksanaannya bareng dengan vaksinasi untuk pelayan publik yang masih menyelesaikan vaksinasi tahap keduanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dr. Atik Supartiningsih menjelaskan, vaksinasi hari Rabu tersebut adalah vaksinasi tahap kedua untuk pelayan publik yang dilaksanakan secara besamaan dengan vaksinasi tahap pertama untuk lansia.

“Kita laksanakan secara bersamaan, namun semua bergantung pada ketersediaan vaksin yang ada, jadi belum semua lansia bisa kita layani,” terangnya.

  1. Atik juga menerangkan bahwa Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi lansia di Kabupaten Tuban sebanyak 67 ribu penerima dan untuk saat ini lansia di Tuban yang sudah menerima vaksin masih di bawah 1 persen.

“Belum semua bisa divaksin karena terbentur alokasi vaksin yang kebetulan dari Kementerian setiap kabupaten tidak terlalu banyak dan dialokasikan secara bertahap,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut dr. Atik juga menambahkan bahwa pelayan publik saat ini yang ditargetkan harus segera selesai adalah tenaga pendidik atau guru. Karena dipersiapkan untuk segera bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Untuk SDM vaksinator kita siap, tapi tergantung dari alokasi vaksinnya. Kita targetkan akhir Juni semua sudah selesai,” tegasnya.

Sementara itu, Muchamad Achwan yang mewakili sebagai penerima vaksin lansia menyatakan bahwa pelayanan yang dilakukan petugas vaksinasi sangat teroganisir dan baik.

“Pelayanan vaksinasi untuk lansia sangat baik dan tanggap, jadi para lansia tidak perlu susah atau bingung lagi,” katanya.

Achwan yang juga dosen pertanian di salah satu universitas di Tuban ini juga mengungkapkan kebahagiaannya karena vaksinasi lansia sangat diperlukan, terlebih lansia sangat rawan dengan penyakit.

“Selama ini kita takut dengan pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Dan alhamdulillah saat ini sudah dapat vaksin, rasanya sangat lega dan tinggal menunggu vaksinasi yang kedua,” ungkapnya.

Achwan juga mengingatkan kepada semua yang telah divaksin terutama untuk para lansia meskipun sudah divaksin untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Karena pandemi covid-19 belum berakhir.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.