HIBUR ANAK : Anggota Female Engagement Team (FET) Menggelar Perpustakaan Keliling di Desa Mushinga, Republik Demokratik Kongo


IAINUonline – Pasukan TNI yang ditugas di daerah-daerah konflik di luar negeri, selalu mempunyai kegiatan lain di luar kemiliteran.

Para prajuir ini, termasuk prajurit perempuan, bukan hanya pandai mengokang senjata dan menjaga perdamaian, pasukan TNI yang berada di daerah konflik juga sangat humanis.

Sebagaimana dirilis Puspen TNI, dalam rangka memperingati hari Buku Anak Sedunia yang jatuh setiap tanggal 2 April, Female Engagement Team (FET) menggelar perpustakaan keliling di Desa Mushinga, Republik Demokratik Kongo, Jumat (2/4/2021).

FET merupakan Srikandi Satgas Batalyon Gerak Cepat (BGC) XXXIX-C/MONUSCO yang bertugas di Kongo tersebut. Tampak raut wajah ceria dan antusiasme anak-anak ketika melihat tim ini datang ke desanya.

Tim dipimpin Kasi Civil-Military Coordination (CIMIC) Mayor Arm Ananto Kristowo. Pasukan TNI ini membawa berbagai buku cerita dan buku bergambar. Bukan hanya membaca dan menggambar, anak-anak juga diajak menari bersama.

“Kegiatan Civil-Military Coordination yang bertepatan dengan hari Buku Anak Sedunia ini di samping sebagai sarana untuk terus mengenalkan budaya membaca kepada penduduk utamanya anak-anak,’’ ujar Mayor Kristowo.

Kegiatan ini, lanjut dia,  juga selaras dengan perintah pimpinan ‘to win people’s heart and mind,’ yakni untuk mempererat hubungan emosional warga dengan personel Satgas guna mendukung kelancaran tugas di daerah misi.

Hari Buku Anak Sedunia pertama kali dicetuskan oleh sebuah organisasi yang bernama International Board of Books for Young People (IBBY) pada tahun 1966. Sejak saat itu, Hari Buku Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 2 April untuk mengenang bapak dongeng dunia, Hans Christian Andersen.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.