TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN : Kabupaten Tuban mulai Masuk Zona Kuning Covid-19 Sesuai data Provinsi Jawa Timur. Warga Tetap Diminta Patuh Protokol Kesehatan


IAINUonline – Kabupaten Tuban mulai masuk zona kuning Covid-19. Pada 23 Maret 2021 ini, ada tambahan 9 kasus baru. Masyarakat diminta untuk tetap taat protokol kesehatan.

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro cukup berdampak baik. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo mengatakan, dengan berubahnya status dari zona orange ke zona kuning seluruh masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Perubahan zona tersebut karena Tuban telah memenuhi 15 indikator. Di antaranya jumlah orang dirawat, meninggal dunia, dan tingkat kesembuhan,” ujar Bambang, Rabu (24/3/2021).

Secara kumulatif, lanjut Bambang jumlah terkonfirmasi positif corona ada 3.352 kasus. Jumlah orang yang sembuh 2.940, yang masih dirawat 46 orang, dan yang meninggal dunia tercatat 366 orang.

Pada 23 Maret 2021 di Kecamatan Tuban ada satu kasus, Palang dua kasus, Plumpang dua kasus, dan dua di Widang. Kemudian Tambakboyo dan  Senori masing-msing satu kasus.

Sementara pasien yang sembuh dua orang dari Kecamatan Jenu. Serta masing-msing satu orang dari Kecamatan Palang dan Jatirogo serta satu orang meninggal di Kecamatan Plumpang.

Selama PPKM di Tuban ditemukan  ribuan pelanggar. Baik perorangan maupun pelaku usaha yang tidak mentaati aturan dan protokol kesehatan.

Kasatpol PP Kabupaten Tuban Hery Muharwanto menjelaskan PPKM di Tuban berlangsung sejak tanggal 27 Januari 2021 hingga sekarang dengan 3.021 pelanggar perorangan dan 224 pelanggar pelaku usaha.

“Untuk perorangan kebanyakan tidak pakai masker. Selain teguran lisan juga disita STNK, KTP, SIM dan denda Rp100 ribu jika sudah beberapa kali diingatkan,” ungkap Hery Muharwanto.

Begitu pula terhadap pelaku usaha, Hery menambahkan sekali diingatkan dan melanggar lagi maka dikenakan sanksi senilai Rp300 ribu.

Pelaku usaha sebelumnya telah mengetahui adanya surat edaran PPKM di Kabupaten Tuban. Ada aturan main yang harus ditaati selama pandemi Covid-19.

Dari ribuan pelanggar perorangan, denda administratif yang terkumpul Rp16.200.000 dan untuk denda pelaku usaha senilai Rp18.600.000. Denda tersebut terkumpul selama 34 kali razia di berbagai titik target kerumunan.(*)

 

Penulis/Editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.