Unit Kajian Kampus IAINU Tuban yang diketuai oleh Bapak Shofiyullahul Kahfi M. Si., akhirnya mengadakan acara Diskusi dan Bedah Buku “Dualisme Sistem Pendidikan di Indonesia” Karya H. Akhmad Zaini, S. Ag., M. Si., di Aula Gedung KH. Hasyim Asy’ari IAINU Tuban dihadiri oleh Rektor INAIFAS Jember, Bapak Rijal Mumazziq Z., M. HI yang sekaligus berperan sebagai pembanding dalam acara ini, serta 200 peserta diskusi dan bedah buku baik mahasiswa internal maupun eksternal.

Pada kagiatan bedah buku Dualisme Pendidikan di Indonesia, adalah langkah untuk memberikan contoh kepada mahasiswa agar mampu dalam bidang tulis menulis. Serta meningkatkan pengetahuan secara lokal yg sesuai dengan bidang masiswa tertentu. Orentasi serta sejarah pendidikan yg telah tergambar dalam buku Dualisme Pendidikan di Indosesia, merupakan sejarah pendidikan di Indonesia.

Gambaran serta paparan yg di sampaikan oleh pembanding dan rektor IAINU Tuban, agar bagaimana menyelesaikan tugas akhir (sekripsi) bukan hanya sebagai formalitas kelulusan, tetapi bisa dan mampu dibaca oleh semua orang (buku).

Gambar 1 – Acara Bedah Buku Dualisme Sistem Pendidikan di Indonesia

Pembahasan yang sangat menarik “Dualisme Sistem Pendidikan di Indonesia”. Ada 2 sistem pendidikan yang ada Indonesia Formal dan Non formal yang mana Pendidikan Pesantren dan pendidikan umum memiliki sudut pandangan dan tujuan yang hampir sama, tanpa didasari Indonesia memiliki Dualisme pendidikan, ada yang dari  Kemendikbud dan juga dari Kemenag

Menurut Akhmad Zaini, Rektor Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, secara historis berakar dari peraturan klasik politik etis yang dijalankan pemerintah kolonial Hindia Belanda sejak 1905.

Gambar 2 – Para Peserta Bedah Buku

Bapak Akhmad Zaini mengungkapkan bahwa penulisan bukunya sudah berlangsung sekitar 25 tahun silam. Berawal dari tugas skripsi yang di lampauinya di IAIN Wali Sanga Semarang akhirnya mampu diterbitkan. Hal itu juga dibantu dan di teliti lagi oleh Bapak Zaqin, M. Pd., selaku dosen  Bahasa Indonesia.

Di akhir acara diskusi dan bedah buku, diadakan penandatanganan MOU antara IAINU Tuban dan INAIFAS Jember sebagai salah satu bentuk kerjasama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.