Mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban melangkah ke dunia kreativitas dalam pendidikan anak dengan menjalankan eksperimen menarik pada kelompok A di RA Hidayatul Islamiyah. Pada tanggal 21 Januari 2021, mereka menghadirkan metode eksperimen melalui pencampuran warna dengan tujuan meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini.

Metode eksperimen yang diterapkan tidak hanya sekadar pembelajaran warna tetapi lebih jauh, bertujuan untuk merangsang kemampuan kognitif anak-anak. Aktivitas ini membawa nuansa berbeda ke dalam kelas, di mana anak-anak dapat belajar sambil bermain.

Selama eksperimen, anak-anak diajak untuk mencampurkan berbagai warna dan mengamati perubahan yang terjadi. Pendekatan ini tidak hanya menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, tetapi juga membantu dalam pengembangan keterampilan pengamatan, analisis, dan kreativitas anak-anak.

Pimpinan RA Hidayatul Islamiyah menyambut baik upaya kreatif mahasiswa IAINU Tuban dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang unik. Menurut mereka, metode inovatif seperti ini memberikan kesempatan anak-anak untuk belajar dengan lebih aktif dan berkesan.

Hasil awal dari eksperimen ini menunjukkan respons positif dari anak-anak. Mereka tidak hanya terlibat dengan antusias, tetapi juga menunjukkan peningkatan dalam pemahaman konsep warna dan perkembangan kognitif mereka.

Mahasiswa IAINU Tuban, melalui kegiatan ini, berharap dapat memberikan kontribusi positif pada dunia pendidikan anak usia dini. Dengan terus mencari metode pembelajaran yang inovatif, mereka membuktikan bahwa kreativitas dapat menjadi kunci untuk menciptakan pengalaman belajar yang berharga bagi anak-anak. Penelitian ini juga diharapkan dapat menginspirasi lembaga pendidikan sejenis untuk mengadopsi metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.

 

Penulis : Malikatus Sholihah, M.Pd./ Hilda Putri Nailil Izzah

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *