Pada tanggal 12 Januari 2021, mahasiswa dari Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban membawa inovasi dalam dunia pendidikan anak usia dini dengan fokus pada pengembangan keterampilan motorik halus. Kegiatan kali ini menghadirkan kegiatan menyalin tulisan cerita sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini.
Dalam suasana pembelajaran yang penuh semangat, anak-anak diajak untuk menyalin tulisan cerita yang menarik. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan tetapi juga memiliki manfaat signifikan dalam pengembangan keterampilan motorik halus, seperti koordinasi mata dan tangan.
Metode ini dirancang untuk membangun kecakapan motorik halus anak-anak melalui kegiatan yang melibatkan gerakan tangan yang presisi. Dengan menyalin tulisan cerita, anak-anak dapat melatih kemampuan memegang pensil, mengontrol gerakan tangan, dan meningkatkan fokus perhatian.
Pimpinan lembaga pendidikan setempat menyambut baik kegiatan inovatif ini. Menurut mereka, pendekatan kreatif mahasiswa IAINU Tuban memberikan kontribusi positif pada pembelajaran anak usia dini. Kegiatan menyalin tulisan cerita tidak hanya berdampak pada perkembangan motorik halus anak-anak tetapi juga merangsang minat mereka terhadap literasi.
Mahasiswa IAINU Tuban, melalui kegiatan ini, menggarisbawahi pentingnya pendekatan pembelajaran yang holistik, yang tidak hanya mengejar pencapaian akademis tetapi juga perkembangan keterampilan dan minat anak. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan dapat menjadi kunci sukses dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dan efektif bagi anak usia dini.
Dengan berbagai inisiatif seperti ini, mahasiswa IAINU Tuban terus membuktikan bahwa pendidikan anak usia dini dapat diperkaya dengan kegiatan yang mendukung perkembangan holistik anak. Upaya mereka tidak hanya menciptakan pengalaman berharga bagi anak-anak di tingkat lokal tetapi juga dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya untuk mengadopsi metode inovatif dalam pembelajaran anak usia dini.
Penulis : Dr. Sholikah,M.Pd.I./ Siti JuriyahÂ